Perangkat Jaringan Komputer dan Funsinya - SIMTASA

Osis Yapim Taruna Stabat

Breaking

Home Top Ad

ADS

Jumat, 16 Maret 2018

Perangkat Jaringan Komputer dan Funsinya


Pengertian Perangkat Komputer

Perangkat jaringan pada komputer merupakan alat pendukung untuk menjalankan tranformasi data sehingga perangkat bersangkutan dapat beroperasi.  Sebuah komputer yang digunakan biasanya memerlukan beberapa alat sebagai pengirim data, misalnya router, wireless, wireless card, lan card dan masih banyak lagi yang lainnya.
Sebagaimana dengan fungsi perangkat keras jaringan bahwa alat-alat seperti router itu akan bekerja sesuai dengan kegunaan, ia akan mengirimkan data ke perangkat lain sehingga jaringan bisa terhubung.

Perangkat Komputer Beserta fungsinya

·         Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lain bisa diterima.
·         Network Interface Card (NIC) merupakan sebuah peralatan elektronik yang dibuat pada sebuah papan PCB yang mampu melakukan konversi sinyal sehingga sebuah workstation bisa mengirim dan menerima data dalam jaringan. NIC ditanamkan pada komputer, yang mana akan membuat sebuah komputer mampu terhubung ke dalam jaringan LAN. Pada OSI Layer, NIC berada pada lapisan ke-1 yaitu Lapisan Fisik.
·         Hub merupakan sebuah perangkat jaringan yang menjadi suatu central connection point / titik utama pada suatu jaringan, serta berfungsi untuk menerima sinyal dari server atau host dan kemudian mentransmisikannya ke client yang akan membentuk suatu jaringan. Selain itu hub juga bisa digunakan sebagai penguat sinyal pada kabel UTP.
·         Bridge ini berfungsi untuk memperluas jaringan ke bentuk jaringan lain yang lebih luas sehingga bisa dipergunakan pada perangkat lain. Dalam kinerja Bridge ini ia harus mengenali alamat MAC yang biasanya mentransmisikan sebuah data ke jaringan, baru kemudian bridge membuat tabel otomatis. Kelebihan perangkat bridge ini ialah ia bisa menentukan segmen mana yang akan di rooting atau di saring.
·         Switch merupakan sebuah hardware yang fungsinya hampir sama dengan HUB, ia bisa membagi-bagi jaringan lokal ke banyak perangkat komputer. Sementara fungsi utamanya switch ini ialah untuk menerima sinyal, mengirimkan data jaringan dari server ke jaringan perangkat lain.
·         Modulator demodulator (Modem) merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Data yang diberikan kepada komputer ke modem umumnya berbentuk sinyak digital. Maka dari itu, ketika modem mendapatkan data berbentuk sinyal analog, modem harus merubahnya terlebih dahulu menjadi sinyal digital agar dapat diproses lebih lanjut oleh komputer.
·         Repeater adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi memperluas jangkauan sinyal wifi dari server agar perangkat lain bisa terhubung. Cara kerja dari repeater itu sendiri adalah dengan menerima sinyal dari server, kemudian memancarkannya kembali dengan jangkauan yang lebih luas dan kuat, denagn kata lain sinyal yang lemah dapat dipancarkan kembali menjadi lebih kuat dan luas.
·         Konektor merupakan sebuah alat yang menghubungkan kabel dengan Network Adaptor. Keberadaan konektor ini juga sangat vital bagi perangkat komputer sebab jika tidak ada alat tersebut maka komputer juga tidak dapat dioperasikan dengan semestinya.
·         Komputer server merupakan komputer yang melayani permintaan komputer client dengan menyediakan berbagai sumber daya yang lebih tinggi dan menyediakan berbagai layanan untuk dapat diakses oleh komputer client. Fungsi utama dari server adalah sebagai database informasi yang nantinya akan dikirimkan dan juga disebarkan oleh jaringan agar nantinya dapat sampai ke komputer client.
·         Komputer client (user) merupakan komputer umum yang digunakan untuk memperoleh data dari server. Dengan demikian tugas komputer client adalah menarik/meminta layanan data dari komputer server. Untuk komputer client tidak membutuhkan Spesifikasi hardware yang tinggi, akan tetapi tetap saja spesifikasi hardware komputer client dapat mempengaruhi kecepatan akses dalam jaringan komputer. Dengan teknologi yang semakin berkembang, pada saat ini client dapat juga digantikan dengan Smartphone atau tablet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar