Perangkat Keras (Hardware) - SIMTASA

Osis Yapim Taruna Stabat

Breaking

Home Top Ad

ADS

Selasa, 13 Maret 2018

Perangkat Keras (Hardware)

Pengertian Hardware

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara lang sung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

1.       input device (unit masukan)
2.       Process device (unit Pemrosesan)
3.       Output device (unit keluaran)
4.       Backing Storage (unit penyimpanan)
5.       Periferal (unit tambahan)

Macam Macam Hardware dan Fungsinya

Mеnurut jenisnya, software dараt dibagi menjadi bеbеrара bagian ѕеbаgаі berikut:

1.      Input Device

·      Mouse adalah hardware yang berfungsi untuk menggerakan pointer dilayar monitor.
·      Keyboard adalah hardware yang berupa huruf,angka dan yang lainnya dan berfunsi untuk mengetik dan bahkan megatur setting bios melalui keyboard dan bisa juga digunakan untuk meng-install OS.
·      Scanner, hardware yang berfungsi untuk memasukan data analog menjadi data digital dengan cara memindai suatu gambar dari scanner kedalam sebuah komputer. 
·      Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.

2.      Process Device

·      CPU adalah  unsur yang paling penting dari sebuah sistem komputer. Pada mesin besar, CPU memerlukan satu atau lebih papan sirkuit tercetak. Pada komputer pribadi dan  workstation kecil, CPU ditempatkan dalam sebuah chip tunggal yang disebut mikroprosesor.
·      Motherboard adalah Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.
·      Prosesor adalah sebuah perangkat di gunakan untuk mengolah data yang masuk, atau bisa di ibaratkan sebagai otaknya computer.
·      RAM adalah Memori penyimpanan sementara yang bersifat acak, biasanya disebut juga dengan memory kerja. Pada memory ini karena disimpan sementara (volatile), maka apabila komputer tidak mendapatkan daya (off), maka data yang disimpan pada memori ini akan hilang.

3.      Output Device

·      Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil kerja pemrosesan komputer secara visual baik berupa gambar maupun data
·      Printer Merupakan alat untuk mencetak informasi dalam bentuk tulisan maupun gambar di kertas
·      Speaker Perangkat keluaran untuk mengeluarkan suara (bunyi)

4.      Backing Storage

·      Harddisk banyak menangani program dan menyimoan data di komputer. Untuk alasan ini hardisk memiliki kapasitas simpan yang besar. Kapasitas Hardisk diukur dalam satuan gigabyte.
·      Floppy Disk lebih dikenal dengan nama disket yang merupakan alat penyimpanan data dan menangani data 1,44 Megabyte.dan untuk saat ini sudah tidak banyak yang memakainya,dikarenakan cuma dapat menyimpan data sangat sedikit.
·      CD/DVD ROM Kebanyakan software yang ada sekarang ini berada dalam CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory). Hal ini karena CD dapat menangani data lebih banyak, sampai 700 MB. dan untuk dvd bisa menyimpan data sampai 4,7GB

5.      Periferal

·      Mouse (Input)
·      Keyboard (Input)
·      Printer (Output)
·      Scanner (Input)
·      Speaker (Output)
·      Webcam (Input)
·      Camera (Input)
·      Modem USB (Input dan Output)
·      Modem Kabel (Input dan Output)
·      Router (Output)
·      Flashdisk (Input)
·      Harddisk External (Input)
·      DVD/CD External (Input dan Output)
·      Bluetooth USB (Output)
·      TV Tuner (Input dan Output)
·      Joystick (Input)
·      Gamepad (Input)
·      Disket (Input)
·      Trackball (Input)
·      Lightpen (Input)
·      Microphone (Output)
·      Projector (Output)
·      Card Reader
·      Dan lainnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar